PEMBERDAYAAN UKM MENJADI TOPIK FORUM APEC

JAKARTA Program pemberdayaan UKM di Tanah Air akan menjadi salah satu model bagi negara-negara di Asia Pasifik yang akan menggelar pertemuan APEC 2012 di Indonesia.Pariaman Sinaga, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2012.

Hal itu berdasarkan kesepakatan yang ditetapkan peserta dalam pertemuan ke-21 di Gifu, Jepang pada 1-3 Oktober.

“Kepercayaan ini diberikan karena seluruh anggota APEC menilai Indonesia merupakan champion programe untuk small medium entnepresises (SME) atau usaha kecil menengah,” ujarnya kemarin.

Karena itu Indonesia dipercaya menjadi penyelenggara pertemuan APEC 2 tahun mendatang lantaran keberhasilan menangani pembiayaan usaha untuk sektor mikro perlu dipelajari oleh seluruh anggota APEC.

Pariaman Siregar hadir di Jepang mendampingi Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan karena pertemuan tersebut untuk tingkat menteri dari seluruh negara anggota, termasuk AS dan Kanada.

Sekretariat APEC membiayai seluruh kegiatan anggota yang akan hadir di Indonesia untuk mempelajari dan memahami sistem pembiayaan usaha mikro yang dilakukan Indonesia.
Termasuk sistem pembiayaan melalui kredit usaha rakyat (KUR).

“Pada pertemuan itu, Menkop menjelaskan terperinci upaya APEC untuk lebih bersatu memerangi kemiskinan. Umumnya peserta yang hadir memberikan respons positif atas pidato itu,” ujar Pariaman.

Micro finance

Indonesia memaparkan pengalaman pembangunan ekonomi rakyat melalui koperasi dan usaha mikro, kecil menengah (KUMKM) dan masih dapat menunjukkan perkembangan ekonomi positif.

Semua itu tidak terlepas dari peranan lembaga keuangan mikro (LKM) yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

Karena itu Indonesia mengusulkan proposal pengentasan masyarakat dari kemiskinan melalui pemberdayaan KUMKM didukung lembaga keuangan mikro (micro finance).

“Dalam diskusi terungkap bahwa pembangunan dengan pendekatan kawasan APEC dan pemberdayaan UMKM merupakan langkah menuju pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan dan merata,” ujarnya.

Sebelum pertemuan para menteri dari berbagai negara anggota APEC dilakukan (economic members), telah diadakan pertemuan para pejabat pimpinan senior yang disebut SME Working Group.

Indonesia sendiri terus menggenjot pengembangan dan pembinaan UKM a.l. dengan merintis akses pasar ekspor lewat kegiatan promosi, pameran, dan misi dagang serta pengembangan kemitraan.

Sasaran pasar ekspor dengan mencari pembeli asing juga dimaksudkan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan daya saing produk menghadapi produk UKM negara pesaing lainnya.

Sumber : Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s